Curriculum Vitae, Resume, Dan Portofolio

Curriculum Vitae

  • Menurut Ayu Isti Prabandari Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu berkas penting yang berisi identitas pribadi seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, hingga riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja. Ini merupakan dokumen yang selalu dicantumkan ketika hendak melamar pekerjaan di berbagai perusahaan atau instansi.
  • Menurut Ayu Rifka Sitoresmi curriculum vitae adalah daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Dalam curriculum vitae atau CV terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat pekerjaan lainnya.

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan curriculum vitae adalah daftar riwayat hidup yang berisi data informasi pribadi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan.





Resume

  • Menurut Gulman Azkiya Resume adalah dokumen singkat berupa rangkuman tentang pengalaman kerja hingga riwayat pendidikan. Pada dasarnya resume hampir sama dengan CV, berisi berbagai informasi mengenai dirimu. Namun, biasanya dokumen ini memiliki informasi lebih singkat, padat, dan hanya 1 halaman.
  • Menurut Nur Jamal Shaid Resume adalah dokumen yang berisi ringkasan pengalaman, keahlian, pendidikan, dan pencapaian seseorang. Dengan kata lain, resume adalah dokumen yang dibuat untuk memberikan gambaran singkat mengenai calon karyawan, terutama dari sisi pengalaman dan kemampuannya.

Dari kedua pendapat diatas dapat kita simpulkan bahwa resume adalah sebuah dokumen seperti CV, yang berisi informasi pribadi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan, namun resume lebih ringkas dibandingkan dengan CV.




Portofolio

  • Menurut Muhammad Idris Portofolio adalah kumpulan hasil karya atau pencapaian yang mempresentasikan pengembangan diri. Karya atau pencapaian tersebut bisa berupa hasil dari kerja individu maupun kelompok, bahkan pencapaian perusahaan.
  • Menurut Haekal Portofolio adalah sekumpulan informasi yang menunjukkan hasil karya, skill, pendidikan, pengalaman berorganisasi, pelatihan yang pernah ditempuh, dan pengalaman kerja Anda. Dengan melihat portofolio Anda, orang lain bisa tahu riwayat hidup sebagai seorang profesional dan berbagai pencapaian Anda selama ini.

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan Portfolio adalah sebuah kumpulan hasil karya atau pencapaian yang pernah dilakukan. Dengan melihat portofolio anda, orang lain bisa tahu riwayat hidup dan pencapaian anda sebagai seorang yang tampak professional.




Daftar Pustaka

Prabandani, Ayu Isti. 2021. Apa itu Curriculum Vitae, Ketahui Perbedaannya dengan Resume.    https://www.merdeka.com/jateng/apa-itu-curriculum-vitae-ketahui-perbedaannya-dengan-resume-kln.html    diakses pada 12 Oktober 2022 pukul 16:29 WIB.

Sitoresmi, Ayu Rifka. 2021. Pengertian Curriculum Vitae, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya yang Menarik.    https://hot.liputan6.com/read/4615633/pengertian-curriculum-vitae-jenis-manfaat-dan-cara-membuatnya-yang-menarik    diakses pada 12 Oktober 2022 pukul 16:31 WIB.

Azkiya, Gulman. 2021. Penting! Perbedaan CV dan Resume: Pengertian, Jumlah Halaman, dan Tujuannya.    https://blog.skillacademy.com/perbedaan-cv-dan-resume    diakses pada 12 Oktober 2022 pukul 16:43 WIB.

Shaid, Nur Jamal. 2022. Apa Itu Resume: Pengertian, Format, dan Contoh Resume Lamaran Kerja.    https://money.kompas.com/read/2022/02/26/173749326/apa-itu-resume-pengertian-format-dan-contoh-resume-lamaran-kerja?page=all    diakses pada 12 Oktober 2022 pukul 16:38 WIB.

Idris, Muhammad. 2021. Apa Itu Portofolio dan Bedanya dengan CV?.    https://money.kompas.com/read/2021/07/31/230100026/apa-itu-portofolio-dan-bedanya-dengan-cv-    diakses pada 12 Oktober 2022 pukul 16:45 WIB.

Mirza, M Haekal. 2021. Apa Itu Portofolio? Berikut Cara Membuat & Contohnya! [Updated].    https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-portofolio/    diakses pada 12 Oktober 2022 pukul 16:49 WIB.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama