Mengenal dan Belajar Install Docker di Debian11



Sebelum kita mempelajari bagaimana cara install docker, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu docker.


  • Menurut Algonz Docker adalah platform untuk mengembangkan, mengirim, dan menjalan aplikasi yang mulai berkembang pada tahun 2013. Docker memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk memisahkan aplikasi dari infrastruktur sehingga pengembang dapat mengirimkan perangkat lunak dengan cepat.


  • Menurut Irsyad Docker adalah salah satu platform yang dibangun berdasarkan teknologi container. Docker merupakan sebuah project open-source yang menyediakan platform terbuka untuk developer maupun sysadmin untuk dapat membangun, mengemas, dan menjalankan aplikasi dimanapun sebagai sebuah wadah (container) yang ringan.


Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan docker dapat disebut sebagai container manager, karena fungsi dari docker ini adalah membangun, mengemas dan menjalankan sebuah container di dalam mesin host. Jika seperti itu maka timbul pertanyaan apa bedanya dengan mesin virtual.



Dengan gambar di atas mungkin bisa menggambarkan perbedaan dari kedua layanan, gambar sebelah kiri menunjukkan proses ketika kita menggunakan virtual mesin. Dan gambar di sisi kanan menunjukkan container engine.


Jadi kesimpulan saya docker dapat berjalan lebih ringan karena dia hanya mengambil resource yang dibutuhkan untuk menjalankan images yang dikelola oleh container engine. Sedangkan mesin virtual akan mengalokasikan resource untuk virtual os yang di jalankan di dalam host os, lalu baru akan menjalankan program di dalam virtual os tersebut.



Cara Install Docker di Debian 11


Install dependency yang dibutuhkan untuk proses installasi docker nantinya, pastikan memasukkan semua komen di bawah menggunakan privileges root.


apt install ca-certificates curl gnupg lsb-release code-box


Tambahkan docker gpg key.


mkdir -p /etc/apt/keyrings && curl -fsSL https://download.docker.com/linux/debian/gpg | gpg --dearmor -o /etc/apt/keyrings/docker.gpg code-box


Tambahkan repository docker.


echo "deb [arch=$(dpkg --print-architecture) \ signed-by=/etc/apt/keyrings/docker.gpg] https://download.docker.com/linux/debian \ $(lsb_release -cs) stable" | tee /etc/apt/sources.list.d/docker.list > /dev/null code-box


Setelah selesai menambahkan repository docker, update repository terlebih dahulu sebelum melakukan installasi docker.


apt update code-box


Install docker-cli di debian 11.


apt install docker-ce docker-ce-cli containerd.io docker-compose-plugin code-box


Untuk memastikan docker berhasil terinstall bisa coba jalankan image hello-world.


docker run hello-world code-box



Daftar Pustaka

Raharja, Algonz. 2021. Docker adalah: Pengertian, cara kerja, dan 7 kegunaannya. https://www.ekrut.com/media/mengenal-docker-dan-penggunaannya-seperti-apa-sih

Harfiansyah, Irsyad. 2016. Mengenal Teknologi Docker. https://codepolitan.com/blog/mengenal-teknologi-docker

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama