SIBAREMA #2

Pada SIBAREMA kali ini bertempat di SMK PANCASILA MOJOWARNO, pada kegiatan kali ini saya membahas materi tentang Junior Web Developer (Server Side).

Saya menjelaskan materi tentang pemrograman yang berjalan di sisi server atau bisa disebut dengan server side, di sini saya memberi materi tentang dasar-dasar bahasa pemroframan PHP atau Personal Home Page dan Javascript.


Pada materi PHP saya menjelaskan fungsi dari PHP dan menceritakan sedikit sejarah perkembangan PHP mulai dari fungsi pertama PHP diciptakan hingga saat ini. PHP pertama diciptakan untuk kepentingan pribadi, sesuai dengan namanya yaitu Personal Home Page yaitu halaman personal yang hanya bisa digunakan oleh penciptanya, namun sekarang PHP sudah bisa digunakan oleh umum dan namanya juga sudah berubah, dari PHP (Personal Home Page) menjadi PHP (PHP Hypertext Preprocesor).

Hypertext Preprocessor adalah sebuah program yang membutuhkan sebuah input dan akan mengolah input tersebut menjadi sebuah output yang bisa digunakan bahasa lain sebagai input baru.


Pada materi Javascript saya menjelaskan tentang fungsi-fungsi javascript mulai dari cara penulisan javascript, gaya penulisan javascript yang sering digunakan seperti chamelCase yaitu gaya penulisan yang mengganti sebuah spasi dengan huruf kapital seperti: chamelCase.

Setelah menjelaskan sedikit teori javascript saya mencoba untuk mengimplementasikan javascript ke dalam html dan menerapkan method DOM yaitu Document Object Manipulation, sebuah metode yang sering digunakan dalam javascript




Setelah berhasil menerapkan javascript ke dalam html dan mencoba method DOM saya mencoba membuat sebuah aplikasi sederhana yang menggabungkan antara PHP dan Javascript, pada kali ini saya membuat sebuah kalkulator menggunakan javascript dan form login dengan PHP

Mekanisme sederhana aplikasinya adalah pengguna harus login terlebih dahulu untuk dapat menjalankan atau memakai kalkulator, jadi sebelum pengguna mengakses kalkulator pengguna harus melewati tahap login terlebih dahulu.

 

Setelah berhasil membuat sebuah aplikasi sederhana pada akhir acara saya mengajak para peserta untuk foto bersama






 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama