SIBAREMA #1

 

Latar Belakang Kegiatan

Web Developer adalah sebuah pekerjaan membuat atau membangun sebuah website, mulai dari merancang website dari lokal hingga mengupload sebuah website ke internet atau hosting. Pada pembuatan sebuah website WEBDev harus menguasai setidaknya 2 bahasa pemrograman, yaitu javascript dan PHP. Akan tetapi sebelum masuk lebih dalam WEBDev harus menguasai sebuah bahasa MARKUP atau Markup Language yang sering disebut dengan HTML (Hyper Text Markup Language).


Hari Pertama SIBAREMA Junior Web Developer



Pada hari pertama membahas tentang html, css,dan javascript. Pada hari pertama di isi oleh Pemateri Bayu Pangestu, dan Muhammad NIzar Ramli yang bertugas mengisi materi tantang HTML dan CSS dilakukan oleh Pemateri Bayu Pangestu, dan Javascript oleh Muhammad Nizar Ramli.

Pada materi HTML, dan CSS dijelaskan tentang tag-tag HTML seperti tag pembuka html, tag penutup html, head, body, title, dan CSS style, color, background, hingga penerapan font pada HTML. Pada hari pertama kita membuat aplikasi sederhana yaitu random nama atau undian nama, yang menggunakan HTML dan CSS sebagai interface user dan javascript sebagai otak atau pengelolahan data pada program tersebut

Pada materi Javascript disampaikan oleh pemateri Muhammad Nizar Ramli, menjelaskan tentang apa itu javascript dan kegunaannya serta implementasi pada aplikasi sederhana. Pada materi javascript ini memperkenalkan syntax-syntax javascript seperti alert, looping, function, if, else, dan operasi matematika sederhana. Setelah memperkenalkan syntax-syntax javascript, kita mengimplementasikan javascript ke dalam aplikasi sederhana yang telah dibuat menggunakan html dan css sebagai intreface penggunanya dan menambahkan javascript untuk otak dari aplikasi tersebut.


Hari Kedua SIBAREMA Junior Web Developer




Pada hari kedua di isi oleh pemateri Muhammad NIzar Ramli yang menyampaikan materi tentang PHP, membahas sedikit tentang sejarah PHP yaitu dulu PHP adalah singtakan dari Personal Home Page karena di pakai untuk mengelola data secara personal, tetapi sekarang PHP berubah menjadi PHP: Hypertext Preprocessor yaitu sebuah bahasa program yang membutuhkan input dan menghasilkan sebuah output untuk dijadikan sebuah input di bahasa yang lain

Hari kedua kita membuat form login sederhana, yang di dalamnya membahas tentang fungsi-fungsi PHP seperti, echo, if, else, looping, requests method, pengecekan variabel. Pada aplikasi form login sederhana kita membahas tantang beberapa kasus yang banyak di temui di internet yaitu kelemahan sebuah form login, disana kita membahas bersama cara menangani dan menutup celah celah keamanan pada web.


Foto bersama penutupan SIBAREMA #1


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama