Media Penyimpanan Sistem Operasi Linux

Perbedaan File System dan Partisi di System Operasi Linux


Menurut Gufron Rajo Kaciak sistem file (file system) atau sistem berkas merupakan struktur logika yang digunakan untuk mengendalikan akses terhadap data yang ada pada disk. Dengan kata lain, sistem file merupakan database khusus untuk penyimpanan, pengelolaan, manipulasi dan pengambilan data, agar mudah ditemukan dan diakses.

Menurut Kurnia partisi adalah pembagian suatu ruang atau objek ke dalam beberapa bagian yang lebih kecil dengan tujuan tertentu. Dalam Bahasa Inggris, partisi berasal dari kata Partition yang memiliki arti sekat, dinding pemisah, dinding pembagi, atau pembagian ruang.

Dari kedua pendapat diatas dapat kita simpulkan perbedaan antara file system dan partisi, file system adalah struktur logika yang digunakan utntuk mengendalikan akses terhadap data pada disk. Sedangkan partisi adalah pembagian suatu disk menjadi beberapa bagian yang lebih kecil

 

Perbedaan MBR dan GPT

Menurut Joko Arianto MBR merupakan singkatan dari Master Boot Record. MBR adalah tipe yang spesial dari boot sector ketika hardisk komputer pertama kali kamu partisi. MBR-lah yang memegang informasi mengenai logical partition, yang juga berisi file system, dan yang mengatur system tersebut.


Menurut Eril Oebit GPT (GUID Partition Table) adalah teknologi partisi hardisk generasi terbaru menggantikan MBR. GPT merupakan teknologi yang ada pada UEFI BIOS generasi terbaru yang lebih canggih dan lengkap. Jadi komputer/laptop yang menggunakan partisi GPT harus menggunakan UEFI.


Dari kedua pendapat diatas dapat kita simpulkan MBR dan GPT adalah partition tabel yang membedakan keduanya adalah, GPT hanya bisa berjalan pada BIOS UEFI. Sedangkan MBR dapat bejalan di keduanya UEFI maupun DOS.



- Ext2 

Ext2 pertama kali dikembangkan dan diintegrasikan pada kernel Linux, dan sekarang ini sedang dikembangkan juga penggunaannya pada sistem operasi lainnya. Tujuannya adalah untuk membuat suatu file system yang powerful, yang dapat mengimplementasikan file-file semantik dari UNIX dan mempunyai pelayanan advance features.


 

 

- Ext3

Ext3 merupakan suatu journalled file system, journalled file system didesain untuk membantu melindungi data yang ada di dalamnya. Dengan adanya journalled filesystem, maka kita tidak perlu lagi untuk melakukan pengecekan kekonsistensian data, yang akan memakan waktu sangat lama bagi harddisk yang berkapasitas besar. Ext3 adalah suatu filesystem yang dikembangkan untuk digunakan pada sistem operasi Linux. Ext3 merupakan hasil perbaikan dari Ext2 ke dalam bentuk Ext2 yang lebih baik dengan menambahkan berbagai macam keunggulan.



- Ext4

Ext4 dirilis secara komplit dan stabil berawal dari kernel 2.6.28 jadi apabila distro anda yang secara default memiliki versi kernel tersebuat atau di atas nya otomatis system anda sudah support Ext4 (dengan catatan sudah di include kedalam kernelnya) selain itu versi e2fsprogs harus mengunakan versi 1.41.5 atau lebih.



- Swap

Swap adalah sebuah ruang pada harddisk yang dijadikan ruang virtual memory yang digunakan ketika komputer/laptop membutuhkan lebih banyak memory. Dalam artian partisi dengan filesystem Swap ini bekerja sebagai cadangan , apabila RAM yang digunakan penuh.



- EFI

Partisi sistem EFI yang juga disebut sebagai partisi ESP adalah standar yang telah dikembangkan untuk memastikan bahwa hard drive seperti halnya perangkat penyimpanan eksternal seperti solid state drive mematuhi dengan Unified Extensible Firmware antarmuka yang juga dirujuk sebagai UEFI dan diperkenalkan dengan partisi GPT yang diperkenalkan oleh Intel Corporation.

 

 

Daftar Pustaka

Kaciak, Gufron Rajo. 2014. Mengenal Sistem File (File System) Linux.    https://dosen.gufron.com/artikel/mengenal-sistem-file-file-system-linux/18/    diakses pada 21 September 2022 pukul 18:58 WIB

Kurnia. 2021. Apa Itu Partisi? Ini dia Pengertian Partisi.    https://www.onetekno.my.id/2021/12/pengertian-partisi.html    diakses pada 21 September 2022 pukul 19:03 WIB

Arianto, Joko. 2015. Apa Itu Master Boot Record (MBR)? Berikut Pengertian dan Penjelasan Singkatnya.    https://www.pinhome.id/blog/apa-itu-master-boot-record-mbr-berikut-pengertian-dan-penjelasan-singkatnya/    diakses pada 21 September 2022 pukul 19:10 WIB

Choiri, Eril Oebit. 2020. Perbedaan MBR dan GPT Pada Partisi Hardisk.    https://qwords.com/blog/perbedaan-mbr-dan-gpt/    diakses pada 22 September 2022 pukul 08:42 WIB

 

 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama