Linux Shell Sistem Operasi Linux

https://bashlogo.com/img/logo/png/full_colored_dark.png

 

Linux Shell

  • Menurut Musa Amin Shell adalah sebuah program penterjemah perintah sebagai user interface (penghubung) agar user dapat mengakses layanan dari kernel (program inti sistem operasi).
  • Menurut Moh Kevin Shell merupakan perangkat lunak bawaan sistem operasi yang digunakan untuk menyediakan komunikasi langsung antara pengguna dengan sistem operasi.

Dari kedua pendapat di atas dapat kita simpulkan shell adalah sebuah penterjemah perintah yang menghubungkan antara pengguna dan sistem operasi untuk menjalankan sebuah perintah di system operasi linux.


Macam - macam shell pada sistem operasi linux:

- Bourne Shell (sh)

Bourne Shell diciptakan oleh Steven Bourne. Shell pertama di Unix. Bourne shell merupakan bahasa pemrograman shell yag cukup baik namun kurang nyaman dalam interaktivitas karena tidak dilengkai fasilitas command line completion atau auto complete. Sehingga penulisan script harus dilakukan secara manual.


- C Shell (csh)

Bill Joy mengembangkan bahasa pemrograman shell yang lebih mirip dengan bahasa pemrograman C bagi sebagaian orang dianggap lebih sulit. Kelebihan bahasa pemrograman shell ini daripada Bourne shell adalah sudah tersedia fitur command line completion atau auto complete. Untuk melengkapi perintah kita hanya perlu menekan tombol Tab.


- Korn Shell (ksh)

Bahasa KornShell dirancang dan dikembangkan oleh David G. Korn di AT&T Bell Laboratories. Ini adalah bahasa perintah interaktif yang menyediakan akses ke sistem UNIX dan banyak sistem lain. Dengan demikian ksh dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan Anda, baik dalam berinteraksi dengan sistem, maupun dalam pemrograman. Program ksh lebih mudah untuk ditulis, dan lebih ringkas dan mudah dibaca daripada program yang ditulis dalam bahasa tingkat yang lebih rendah seperti C.


- Bourne Again Shell (bash)

Bourne Again Shell (Bash) merupakan bahasa pemrograman shell yang saat ini banyak dipakai pada sistem operasi linux. memliki interaktivitas yang lebih sempurna daripada sebelumnya serta gaya bahasa pemrograman yang lebih mudah untuk digunakan.


Daftar Pustaka

Kevin, Muhammad. _. Mengenal Shell, Perintah Berbasis Teks di Linux.    https://muhkevin96.wordpress.com/about-2/mengenal-shell-perintah-berbasis-teks-di-linux/    diakses pada 20 September 2022 pukul 17:07 WIB

Amin, Musa. _. Shell Script di Linux.    https://musaamin.web.id/shell-script-di-linux/    diakses pada 20 September pukul 17:10 WIB


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama